Lionel Messi: Blaugrana’s Special Weapon

Apabila kita berbicara tentang senjata, pikiran kita biasanya langsung tertuju pada pistol, senapan, pisau, dan benda-benda berbahaya lainnya. Menurut wikipediaSenjata adalah suatu alat yang digunakan untuk melukai, membunuh, atau menghancurkan suatu benda. Senjata dapat digunakan untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri, dan juga untuk mengancam dan melindungi. Apapun yang dapat digunakan untuk merusak (bahkan psikologi dan tubuh manusia) dapat dikatakan senjata. Kata senjata memang lebih akrab dengan dunia militer ketimbang dunia sepakbola. Dalam dunia sepakbola, kata “senjata” dapat berarti sesuatu yang dapat merusak permainan  lawan. Setiap tim pada olah raga yang digemari lebih dari setengah penduduk bumi ini, memiliki senjatanya masing-masing. Mereka juga memiliki strategi yang berbeda-beda untuk menggunakan senjata tersebut.

FC Barcelona, klub peraih 20 gelar di kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol, juga memiliki senjata andalan. Saat iniBlaugrana (julukan Barcelona) memiliki senjata yang sangat ditakuti oleh tim-tim lawan: Lionel Andres Messi. Saat ini Messi merupakan salah satu penyerang yang sangat ditakuti oleh tim-tim lawan, penyerang yang kehadirannya menjadi momok bagi bek-bek lawan.

Lionel Messi lahir di Rosario, Argentina, pada tanggal 24 Juni 1987. Pada awalnya pemain bertinggi badan 169 cm ini beraksi di klub Grandoli, klub asuhan Jorge Messi yang tak lain adalah ayahnya. Kemudian ia beralih ke Newell’s Old Boys. Namun klub ini tidak sanggup membayar biaya terapi hormon yang mencapai 500 pounds perbulannya. Untunglah Barcelona segera menangkap potensi hebat Messi dan menawarinya pindah ke Spanyol untuk bergabung bersama klub Katalan ini plus membiayai seluruh biaya terapi. Messi kecil pun setuju untuk pindah ke Barcelona dengan membawa seluruh keluarganya ke kota tersebut. Saat itulah perjalanan sepak bola Messi bersama Barcelona dimulai.

Lionel Messi memulai debutnya bersama Barcelona pada tanggal 16 November 2003 pada pertandingan persahabatan melawan FC Porto di Stadion Do Dragao, Portugal. Saat itu Messi, yang berusia 16 tahun 145 hari, berhasil memikat Frank Rijkaard (pelatih Barcelona) dan penonton di Stadion Do Dragao dengan penampilan yang sangat luar biasa. Kurang dari setahun setelah pertandingan itu, Rijkaard menurunkan Messi pada pertandingan resmi La Liga melawan Espanyol pada tanggal 16 Oktober 2004. Setelah itu perjalanan karir Messi bersama barcelona sangat luar biasa. Banyak gelar yang dimenangkan Messi bersama Barca. Musim terbaiknya bersama Barcelona adalah di musim 2008-2009, di mana Barcelona menyapu bersih semua trofi pada seluruh kompetisi yang diikuti. Pada musim itu Barcelona meraih total 6 gelar: La liga, European Champions League, Spanish Cup, Spanish Super Cup, European Super Cup, dan World Club Championship.

Bersama Barcelona, Messi pun banyak memperoleh gelar pribadi. Beberapa kali messi dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak La Liga, pencetak gol terbanyak Liga Champions Eropa, dan Pemain Terbaik Eropa. Puncaknya adalah ketika Messi terpilih menjadi Pemain Terbaik Dunia dua tahun berturut-turut pada tahun 2009 dan 2010.

Meskipun telah banyak gelar yang diperoleh bersama Barcelona, tapi masih ada keinginan Messi yang belum terpenuhi, yaitu membawa Argentina menjadi Juara Dunia. Messi pernah membawa tim junior Argentina menjadi juara pada Piala Dunia Junior tahun 2006, tapi mampukah Messi membawa Albiceleste menjadi juara World Cup? Mari kita tunggu jawabannya 3 tahun lagi.

 

fuerza Messi, fuerza blaugrana.

Advertisements
Comments
One Response to “Lionel Messi: Blaugrana’s Special Weapon”
  1. azmi says:

    waw, messiah memang keren dan dapat dijadikan senjata andalan la braugana.. good review bro..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: