Kreatif = Inovatif ?

 

 

Banyak orang yang mengidentikkan atau bahkan menganggap bahwa kretif dan inovatif adalah dua kata yang memiliki arti yang sama. Pada kenyataanya, dua kata tersebut memiliki arti yang berbeda, walaupun sedikit berkaitan.

Kata kreatif mempunyai arti memiliki daya cipta. Kreatif merupakan kata sifat dari kata kreativitas. Kreatifitas sendiri merupakan proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Sedangkan Kata inovasi dapat diartikan sebagai “proses” dan/atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).

Meskipun berbeda secara arti kata, kreatif dan innovatif memiliki persamaan yaitu berbeda dari hal yang biasa. Berfikir kreatif berarti berfikir secara tidak biasa dan baru. Berfikir kreatif akan menghasilkan sesuatu yang bersifat inovatif, yang berarti sesuatu yang baru, yang berbeda dengan yang sudah ada.

 

Demikian.

Terima kasih.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: