21 Maret 2011, kelas Creativity & Innovation kedatangan dosen tamu yang luar biasa: Adi Panuntun, salah seorang pendiri 9 Matahari Production House. Sembilan matahari telah memproduksi beberapa pryek kecil dan besar. Proyek yang paling terkenal adalah film Cin(t)a. Film yang diputar di beberapa jaringan bioskop Blitz Megaplex di Indonesia. Film yang menjadi pembicaraan hangat beberapa tahun terakhir.

Pada kesempatan tersebut Atun, sapaan akrab Adi Panuntun, berbicara tentang Design Thinking. apa pengertiannya, perbedaannya dengan berfikir umum, serta bagai mana proses dari design thinking. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kreatifitasnya masing-masing. Hanya yang membedakan adalah bagaimana memaksimalkan kreatifitas tersebut. Banyak orang yang enggan menunjukkan kreatifitasnya hanya karena takut salah, takut jelek, atau takut tidak bisa diterima oleh orang lain. Sebenarnya ketakutan kita tersebut adalah asumsi pribadi. Kita berasumsi bahwa publik menganggap salah atau jelek hasil karya kita, padahal sebenarnya kita belum tahu apa pendapat publik tentang karya kita. Itulah yang menyebabkan banyak orang tidak memaksimalkan kreatifitasnya. Asumsi pribadi telah menjadi penghalang bagi kreatifitas.

Gambaran Design thinking

 

Pada kesempatan itu juga Adi Panuntun bercerita tentang bagaimana Sosrodjojo memulai bisnis dari awal hingga menjadi perusahaan besar. Kisah perusahaan SOSRO dimulai dari kisah Mbah Sosro yang menjual teh di pasar. Mbah sosro awalnya hanya menjual teh celup atau teh seduh biasa. Suatu waktu Mbah sosro berinisiatif untuk mengemas teh tersebut ke dalam botol. Awalnya banyak orang yang mencemooh keputusan Mbah Sosro. Sebagian besar orang menganggap bahwa teh dalam botol adalah aneh dan tidak lazim. Walaupun banyak orang yang mencemooh, Mbah Sosro tidak merasa takut atau minder. Mbah sosro tidak peduli dengan pendapat orang yang menurutnya merupakan asumsi yang tidak valid. Mbah Sosro meneruskan Inovasinya dan memperoleh respon baik dari pasar. Saat ini Sosro telah menjadi salah satu perusahaan tersbesar di Indonesia.

 

Selanjutnya, penerapan design thinking dapat dicontohkan dengan mengkaitkan buah apel dengan Boardmarker.


Sebagian orang mungkin berfikir bahwa buah apel tidak ada kaitannya dengan spidol atau boardmarker. Namun sebenarnya ada kesamaan atau korelasi antara buah apel dan boardmarker. Kedua benda ini sama-sama memiliki hubungan baik dengan pohon. Apel adalah buah yang tentunya berasal dari pohon, sedangkan boardmarker berfungsi untuk menulis di atas papan yang terbuat dari kayu (pohon). Kedua benda ini tidak akan ada apabila tidak ada pohon. Apel tentunya tidak akan ada apabila tidak ada pohon apel. Dan boardmaker pun tidak akan ada apabila tidak ada papan yang digunakan untuk menulis. Memang papan bisa diganti dengan kertas atau tembok, tapi alat yang digunakan untuk menulis bukan boardmarker, melainkan papermarker (pulpen) atau wallmarker.

 

Dalam menghadapi permasalahan tertentu, orang yang berfikir secara biasa dan orang yang berfikir dengan menggunakan design thinking akan menghasilkan output yang berbeda. Contohnya dalam menghadapi isu future retail market. Perbadaan diantara keduanya antara lain:

  • Traditional Business Strategy –> Traditional business strategy lebih mengutamakan research dan menilai sesuatu dari data yang ada. Menghadapi future retail market, traditional class akan mengumpulkan informasi dan tren pasar yang selama ini terjadi. 
  • Design Thinking Class –> Menghadapi future retail market, design thinking place akan berkreasi dan menciptakan suatu model business dan produk yang disenangi oleh konsumen. Mereka tidak melihat dari data atau track pasar, tetapi sesuai dengan apa yang konsumen senangi.

 

 

Demikian dan Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: